Pages - Menu

Thursday, September 11, 2014

Sukses atau Gagal ?

Berawal dari sebuah post gw di path, dan di tanggapi oleh salah satu teman dekat gw, akhirnya pembahasan bertemakan tentang "sukses" .. Memang agak keras pembahasan tersebut di path, tapi ya emang itulah cara gw dan teman-teman gw membahas sesuatu dan bertukar pikiran..
Ya karena gw dan teman-teman gw merupakan orang-orang yang kritis, jadi sering pembahasan terlihat seperti pertengkaran.. Tapi pada akhirnya, ketemu jawaban dari apa yang di bahas..

Untuk gw yang dahulu sempat aktif di dunia Multi Level Marketing, kata sukses pun melekat untuk merubah paradigma seseorang agar mau bergabung di jaringan MLM gw.. Ditambah lagi embel-embel, sukses untuk orang tua.. Makin mengunci paradigma seseorang, karena dua hal tersebut adalah hal yang sensitif untuk perasaan.. Lambat laun gw pun mulai tidak nyaman, karena sukses untuk orang tua, selalu di identikan dengan sebuah materi..Tolak ukur kesuksesan di ukur oleh uang..
Gimana bisa gw mendoktirn seseorang, mengajak seseorang untuk sukses tapi gw sendiri belom menghasilkan banyak uang? Harus berbohong kah gw tentang kesuksesan gw yang dimana kesuksesan di identikan dengan uang?
Disatu sisi, gw sebenarnya sudah merasa kearah sukses, tapi disisi lain, gw gw tidak merasa mempunyai penghasilan besar untuk kategori "sukses".. Lalu apakah arti sukses itu sebenarnya?

Mungkin untuk pertama, kita harus pahami dulu arti kata sukses secara teori terlebih dahulu secara sederhana.. Sukses itu apa? Sukses itu berhasil.. Simpel toh? Cuma sinonimnya aja.. Kalau sinonim dari sukses itu berhasil, berarti antonimnya apa? ya berarti gagal..

Nahh, kedua, kita harus pahami lagi, kenapa ada kata sukses dan gagal ? Apasih yang harus dipunyai, untuk dapat menghasilkan kata "Berhasil / Gagal" .. Setelah gw pikirkan cukup lama, akhirnya gw menemukan jawabannya, untuk menghasilkan kata Berhasil / Gagal, kita harus punya yang namanya visi misi.. Setuju donk?

Contoh sederhana, mana mungkin lo bisa bilang "gw berhasil benerin mesin mobil" kalau lo gak ada misi "membuat mesinnya bisa bekerja lagi" .. Gak mungkin lo denger kalimat "Lionel Messi gagal menjebol gawang lawan" kalau tidak punya visi misi untuk mencetak goal ?

Yang ketiga, kalau kita udah paham tentang visi misi, yang jadi pertanyaannya, Apakah visi misi semua orang sama? Kenapa orang yang punya banyak duit, disebut orang sukses, sedangkan orang yang miskin disebut orang gagal ??

Kalau gw ambil contoh sederhana di atas, "apakah lionel messi disebut sukses karena dia mencetak goal?" , kalau "mencetak goal" menjadi tolak ukur pesebak bola untuk disebut sukses, berarti Iker casillas adalah orang gagal donk, kan dia gak cetak goal??
Nahh, balik lagi ke point nomor dua tadi, kita harus liat dari visi misi seseorang, baru kita bisa mencap dia berhasil atau gagal.. Messi adalah seorang striker, visi misi dia mencetak goal.. Sedangkan Casillas adalah seorang keeper, tugas dia menjaga supaya tidak kebobolan..

Beda visi misi, berarti beda tolak ukur untuk sebuah kesuksesan atau ke gagalan..

Buat masyarakat luas, anak punk yang di lampu merah, kerjaannya ngelem aibon, mabok-mabokan, compang camping, itu bukan orang sukses.. Tapi menurut kalangan mereka, mereka itu sukses, sukses menjaga idealisme anti kemapanan.. Mereka bukan gak bisa bekerja yang lebih layak, tapi mereka tidak mau.. karena visi misi mereka, berbeda dengan visi misi orang lain.

Jadi layakkah sebuah kesuksesan, tolak ukurnya adalah materi ??
Ya, dulu gw sempat ditanya nyokap, kenapa gw berhenti dari dunia Multi Level Marketing ? ya gw bilang, visi dan misinya tidak sejalan.. Karena visi misi gw adalah, menjadi orang yang bermanfaat untuk orang sekitar, bukan hanya dari segi materi walaupun gw gak bisa munafik, gw juga butuh uang, tapi bukan berarti gw menjadikan uang menjadi tolak ukur gw..

Yak, visi gw mungkin gw harus berguna untuk orang banyak, dan dengan adanya uang, gw lebih mudah membantu orang disekitar gw, jadi itu misi gw.. Dan sukses gw adalah ketika gw berhasil mengachivekan visi dan misi gw.. Materi itu bukan tolak ukur sukses gw, tapi bagian dari visi misi gw..

Jadi, termasuk sukses atau gagalkah anda?

No comments:

Post a Comment