Pages - Menu

Thursday, April 17, 2014

Salahkah coret-coretan seragam?

Mungkin gw udah lulus dari sekolah dari beberapa tahun yang lalu, tapi dari jaman dulu sampai gw lulus SMA bahkan sampai saat ini, selalu ada tradisi unik yang di lakukan para siswa disaat mereka menyelesaikan Ujian Akhir Nasional, yaitu mencorat-coret baju seragam. Entah dari kapan tradisi itu ada di Indonesia dan siapa pelopornya..

Dulu disaat gw SMA dan akhirnya menyelesaikan ujian, gw salah satu orang yang ikut untuk coret-coret seragam padahal belom ada pengumuman kelulusan, tapi ya untungnya gw lulus.. Lalu kenapa gw melakukan coret-coretan padahal belum tentu lulus? Kenapa gw gak berpikir untuk disumbang aja seragamnya daripada di coret-coret? 

Mungkin disaat gw menyelesaikan Ujian Nasional, gw terlalu larut dalam euphoria, seakan-akan gw terlepas dari segala beban yang ada di sekolah, merasa tugas gw di sekolah telah selesai karena kurikulum di Indonesia sangat lucu, belajar mati-matian tapi hasil akhirnya tetep aja ada di Ujian Nasional..
Gw melakukan corat-coret juga karena disaat gw menyelesaikan Ujian Nasional, karena itu hari terakhir gw menggunakan seragam (gw lulus SMA, pengumuman sudah lewat website, beda dengan jaman selesai EBTANAS waktu SD dulu, dimana gw harus kesekolah lagi untuk melihat pengumuman)..

Menyesalkah gw melakukan corat coret seragam? jawaban gw mungkin adalah "iya, gw menyesal" tapi itu disaat gw sekitar tiga tahunan lulus SMA.. Disaat gw masih menjadi seorang mahasiswa, gw akhirnya memandang remeh anak-anak SMA yang melakukan corat coret seragam, di benak gw hanya ada kalimat "Ngapain sih pada corat-coret seragam? gak berpendidikan banget, dasar bocah ababil baru lulus sekolah, kenapa sih dulu gw juga coret-coret seragam?", terkadang gw berpikir "Kenapa seragamnya gak disumbangin ke adik-adik kelasnya aja, mungkin lebih bermanfaat?" .. Ya, itulah jalan pikiran gw disaat umur gw sudah melewati batas untuk di sebut "Remaja", jalan pikiran yang seolah-olah "dewasa", kata-kata yang selalu mencoba untuk "dewasa" selalu gw keluarkan..

Itulah pandangan gw disaat gw memasuki umur "dewasa", gw pun mulai bersikap selayaknya orang dewasa tapi sayang sekali, untuk umur di awal 20an, gw baru dewasa berdasarkan teori, bukan pengalaman..

Seiring berjalannya waktu, sampai saat ini setelah gw lulus bertahun-tahun yang lalu dari SMA, gw mulai menyadari, gw udah sangat lama tidak bertemu dengan teman-teman SMA dulu, gw mulai menyadari kalau gw merindukan masa-masa SMA, gw mulai menyadari kalau waktu itu gak bisa di ulang..

Banyak orang-orang yang dewasa berdasarkan teori berkata "Buat apa coret-coretan seragam, mendingan bajunya lo sumbangin aja buat adek kelas lo", gw mungkin akan bertanya balik, "cuma satu seragam lo coret-coret, lo masih punya seragam yang lain buat di sumbang kan ?? emang semua baju seragam selama SMA bakal lo coret-coret? gak kan, cuma satu set seragam yang lo pake terakhir, di kelas terakhir lo berjuang bareng-bareng dalam satu ruangan", mungkin akan gw tambahkan statement, "lo baru lulus SMA tuh dua sampai tiga tahun, lo belom rasain dimana temen-temen SMA lo udah pada sibuk kerja, ada yang udah nikah dan waktu untuk ketemu udah jarang.. lo bisa ngomong berdasarkan teori, tapi disaat umur lo makin bertambah, lo akan sadar, lo merindukan teman-teman SMA lo dan seragam coret-coretan lo itu kenang-kenangan dari teman-teman SMA lo, yang mungkin 10 tahun lagi belum tentu bisa ketemu lo.. Itu karya temen-temen lo yang menandatangani langsung dari tangannya, bukan hanya sekedar foto di buku tahunan"..

Selama coret-coretan hanya sebatas di seragam, gw rasa masih bisa di terima asalkan tidak anarkis, tidak ada tauran, tidak ada coret-coretan tembok dan tindakan-tindakan lain yang mengganggu ketertiban kan..
Mungkin masih banyak yang mempertahankan argumen "tetep aja, lebih baik di sumbang", pertanyaan gw cuma satu "dari 100 orang yang bilang lebih baik menyumbangkan seragam, kira-kira berapa persen yang benar-benar menyumbangkan seragamnya?" mungkin lebih dari 50% hanya bisa berkata lebih baik disumbang, padahal seragam mereka yang tidak terpakai hanya menjadi kain lap di rumah.. Kalau memang di sumbangkan, gw sangat mengapresiasi, tapi kalau ternyata hanya di mulut, mungkin gw hanya bisa mengecap "dewasa secara teori"
Jadi salahkah coret-coretan seragam?


No comments:

Post a Comment